PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MELALUI TIPE STUDENT TIM ACHIEVENMENT DIVISION (STAD)
Abstract
AbstrakTujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pembelajaran passing sepak bola melalui tipe Student Tim Achievenment Division di SDN 03 Belungai Dalam. Metode penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang merupakan tindak lanjut dari penelitian deskriptif. Adapun subyek dalam pembelajaran ini adalah siswa kelas V SDN 03 Belungai Dalam sebanyak 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di SDN 03 Belungai Dalam khususnya kelas V, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada pelajaran Penjas materi passing permainan sepak bola kelas V meningkat. dengan nilai 70.17 pada pra siklus, kemudian 74.62 pada siklus 1, dan meningkat menjadi 80.38 pada siklus 2. Dari keseluruhan siklus yang sudah di lakukan memberikan dampak posistif pada sebuah pembelajaran.
Kata kunci: Passing, Sepak Bola
Downloads
References
Ali Maksum. (2012). Data, Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 2(8), 107.
Ardianta, & Hariadi, I. (2017). Pengembangan Model Latihan Passing dan Control pada Atlet Sepak Bola Usia Dini. Indonesia Performance Journal.
Arikunto. (2010). Suharsimi Arikunto.pdf. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi ke X.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Dimyati, M. dan. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Teaching and Educations.
Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). IMPLEMENTASI MODEL STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIWA. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
Harianto, `Gutomo, Nurhadi, M., Wakit, N., & Sujarwo, E. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA DI SD. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.8
Khan, G. N., & Inamullah, H. M. (2011). Effect of student’s team achievement division (STAD) on academic achievement of students. Asian Social Science. https://doi.org/10.5539/ass.v7n12p211
Muharom, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Peserta Didik Di SMK Negeri Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan.
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. In Jakarta: Referensi (GP Press Group.
Sharan, S., Sharan, Y., & Geok-Chin Tan, I. (2013). The group investigation approach to cooperative learning. In The International Handbook of Collaborative Learning. https://doi.org/10.4324/9780203837290-29
Slavin, R. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning). April 19, 2010.
Sugiyono. (2014). Teknik Pengumpulan Data. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. https://doi.org/10.3354/dao02420
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.
Tarju, T., & Wahidi, R. (2017). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.35
Yuliani, N. (2019). The Role of Student Teams Achievement Divisions (STAD) in Improving Student’s Learning Outcomes. Classroom Action Research Journal. https://doi.org/10.17977/um013v3i12019p008
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.