HAMBATAN GURU PENDIDIKAN JASMANI GENERASI 80-AN DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19

  • Yahya Eko Nopiyanto Universitas Bengkulu
Keywords: obstacles, teacher; physical education, online learning, covid-19

Abstract

This study was to describe the obstacles of physical education 80’s generation teacher in online learning in the Covid-19 pandemic. The study was a descriptive quantitative with survey approach. The data were gathered by questionnaire with Likert scale. Subjects of this study were 30 physical education 80’s generation teacher in senior high school in North Bengkulu, Indonesia. The data were analyzed by descriptive percentage. The result of this study showed that physical education 80’s teachers in senior high school experienced obstacles in online learning in the Covid-19 pandemic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmalaksana, W. dkk. (2020). Capaian Pembelajaran Model Online Masa WFH Covid-19 pada Mata Kuliah Metode Penelitian Hadis Di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Karya Tulis Ilmiah. UIN Sunan Gunung Djati.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Miski, R. (2017). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. TADBIR MUWAHHID, 4(2).
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Mujisuciningtyas, N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Praktik Di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 103-115.
PeraturanPemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Puspayani, D. N. (2012). Kontribusi Sarana Prasarana, Layanan Administratif, Kompetensi Profesional Guru terhadap Kepuasan Belajar (Studi tentang Persepsi Siswa SMA Negeri 1 Sukawati). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 3(2).
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10-15.
Risnawita, R. (2015). Hubungan proses belajar mengajar berbasis teknologi dengan hasil belajar: studi metaanalisis. Jurnal Psikologi, 36(2), 164-176.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-30.
Seknun, M. Y. (2012). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(1), 120-131.
Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(2), 277-293.
Suryana, D. (2013). Pengetahuan tentang strategi pembelajaran, sikap, dan motivasi guru. Jurnal ilmu pendidikan, 19(2).
Suryani, W. (2011). Hambatan-Hambatan Guru dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri Kabupaten Lima Puluh Kota. Disertasi. Universitas Negeri Padang.
Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177-185.
Published
2020-09-21