Motivasi Atlet Bulutangkis Dalam Mengikuti Latihan Dimasa Pandemi Covid-19
Abstract
Motivasi merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang atlet ketika melaksanakan latihan, karena motivasi merupakan salah satu faktor penentu sebagai pendorong tingkah laku. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi prestasi yang dimiliki oleh seseorang atlet yaitu motivasi yang bisa datang dari dalam diri atlet, orangtua, atau lingkungan atlet tersebut melaksanakan aktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi atlet bulutangkis dalam mengikuti latihan dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu atlet bulutangkis yang aktif latihan selama Pandemi COVID-19 yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis frekuensi dalam bentuk persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat motivasi atlet bulutangkis mengikuti latihan dimasa pandemi Covid-19 di klub Pratama adalah baik dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berada pada kategori baik sebesar 14 orang atau 36,84%. Tingkat motivasi atlet bulutangkis mengikuti latihan dimasa pandemi Covid-19 di klub Pratama yang berkategori sangat baik 0 orang atau 0,00%, cukup baik 12 orang atau 31,58%, kurang 8 orang atau 21,05% dan sangat sangat kurang 4 orang atau 10,53%.
Downloads
References
Arie, A., Zulham., Madri, M. (2018) Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jamani Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sitoga Kecamatan Sintuk Tobong Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Munsana Volume 3, Nomor. 2, Nov 2018. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75.
Bandi Utama. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 8, Nomor 1, April 2011. https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3477
Cristian Pemana B., Dita, Y.(2022). Tingkat Motivasi Berolahraga dan Aktivitas Fisik Pada Remaja di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kesehatan Olahraga Antara Suku Jawa, Madura dan Cina. Vol. 10. No. 04, Desember 2022 Hal 7-12.
Danang, AS. (2015) Perbedaan Motivasi Beparisipasi Dalam Olahraga. Jurnal Penjakora Vol 2 No. 1, April 2015. https://doi.org/10.23887/penjakora.v2i1.11344.
Diky Hadyansyah (2019) Analisis Motivasi Berdasarkan Gender dan Jenis Olahraga. Jurnal Olahraga, (5) (2019) Hal 66-72. https://doi.org/10.37742/jo.v5i1.96.
Endang, S., Andri, G., Deni, S., Muhamad, S., Rini, A. (2023) Pengaruh Kepemimpinan Diri, Pertemanan dan Keterampilan Terhadap Aktualisasi Diri Dalam Kegiatan Olahraga Di Masa Covid-19. Jurnal Spota Saintika. Vol. 8 No. 1(1-6). https://doi.org/10.24036/sporta.v8i1.273
Fyea Mardiana, Tri Ani Hastuti. (2014). Faktor pendukung prestasi bola basket peserta ekstrakurikuler bolabasket di SMAN 1 Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 10, Nomor 2, November 2014 https://doi.org/10.21831/jpji.v10i2.5695.
Helmy Firmansyah. (2009). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 6, Nomor 1, April 2009.
Irfandi., Zikrur, R.(2022) Motivasi Atlet dalam Peningkatan Teknik Dasar Bola Voli. Jurnal Olaharga Kesehatan Indonesia, volume 2 Nomor 2 (2022) https://doi.org/10.55081/joki.v2i2.591
Komarudin. (2014). Psikologi Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Miftah Fariz, P.(2022). Bagaimana Motivasi Olahraga Mahasiswa di Papua?. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, Volume 5 Mei, 2022(51-56) http://ejournal.upi.edu/index.php/JTIKOR doi: 10.17509/jtikor.v5i1.2441.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.