Pengembangan E-Modul Pada Mata Kuliah Renang Dasar Berbasis Digital
Abstract
Pandemi Corona Virus 2019 telah memicu perubahan signifikan dalam sistem penan di seluruh dunia sampai saat ini, di perguaruan tinggi secara khusus dipengaruhi oleh tantangan terkait dengan sistim online. Karena penempatan pengajaran harus bergeser dari pelajaran tatap muka, ke model yang sepenuhnya virtual, maka dilakukan penyelidiki tentang seberapa siap mahamahasiswa di perguaruan tinggi untuk mengunakan modul berbasis digital, dan bagaimana pengalaman pembelajaran virtual ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan E-Modul berbasis Komputer yang valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran mata kuliah Renang dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model IDI (Instructional Development Institute). Penelitian ini melihat apakah E-Modul berbasis Komputer yang dirancang ini valid, praktis dan efektif kemudian dilakukan uji coba pakar, yaitu pakar perancangan sistem dan pakar bahasa dan keterbacaan didalam E-Modul. Aspek yang diuji cobakan kepada pakar yaitu aspek materi, aspek penyajian dan Aspek bahasa. Hasil peneliti ini yaitu; E modul renang dasar mahasiswa di Fakultas Ilmu Keolahragaan yang dimulai dari aspek materi, aspek penyajian dari setiap kegiatan, dan aspek keterbacaan modul itu sendiri. Ketiga aspek ini sudah dijelsakan dengan baik di dalam modul yang sudah dikembangkan, dan dapat digunakan secara komprehensip dalam mencapai kegiatan belajar yang terstruktur dan sistematis baik secara daring maupun luring yang valid dan reliabel, praktis, dan efektif.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.