PENINGKATAN GERAK DASAR CHEST PASS MENGGUNAKAN MODIFIKASI BOLA PADA SISWA KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajaran
gerak dasar chest pass dengan memodifikasi bola basket pada siswa kelas V SD.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (Class room Action Reserch), dengan tiga siklus, dimana pada
setiap siklus menggunakan tindakkan yang berbeda-beda. Siklus pertama
menggunakan bola kertas, siklus kedua menggunakan bola plastik, dan siklus
ketiga menggunakan bola karet.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SD Kelas V yang berjumlah 36 siswa.
Pengumpulan data diambil dari tes berupa pengamatan keterampilan gerak dasar
chest pass yang meliputi posisi awal, posisi persiapan, posisi akhir. Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan gerak dasar chest
pass melalui penggunaan modifikasi bola basket pada setiap siklusnya, adapun
peningkatan pada setiap siklus adalah sebagai berikut siklus pertama sebesar 50%,
siklus kedua sebesar 63%, dan siklus ketiga sebesar 83%.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.